Ringkasan Khotbah

Hari Kamis lalu kita baru saja memperingati kenaikan Tuhan Yesus. Bagian firman Tuhan ini mencatat tentang kisah Yesus terangkat. Kis 1:6 menjelaskan bahwa Yesus dan para murid-Nya sedang berkumpul di Bukit Zaitun. Saat itu yang menjadi harapan para murid terhadap Yesus yaitu Tuhan Yesus menjadi juruselamat bagi bangsa Israel secara duniawi, yaitu memulihkan kerajaan Israel. Dari pertanyaan para murid Yesus ini menunjukkan bahwa mereka belum faham tentang tujuan keberadaan Yesus di dunia, mereka belum memahami rencana Yesus yang agung yaitu untuk membangun kerajaan Allah. Mereka masih berpikir secara duniawi dan belum mengalami pertumbuhan rohani yang sejati. Kondisi ini juga terjadi pada umat Kristen saat sekarang. Meski sudah lama mengikut Kristus, sudah melayani tetapi tidak memberi diri untuk diubah oleh firman Tuhan. Isi hati Tuhan supaya kita memikirkan hal-hal yang rohani (=menggunakan waktu, tenaga & uang untuk pertumbuhan rohani).

Kemudian Kis 1:7 memuat jawaban Tuhan Yesus terhadap pertanyaan para murid-Nya. Pemulihan kerajaan Israel secara fisik tidak diingkari dengan tegas tetapi itu bukan merupakan tujuan utama kedatangan-Nya. Kapan pemulihan itu terjadi adalah merupakan kedaulatan Bapa. Daripada memikirkan hal-hal yang bersifat fisik, sebaiknya berpikir hal-hal yang rohani dan itu yang diharapkan Tuhan (Kis 1:8).

Kis 1:8 merupakan janji tentang turunnya Roh Kudus kepada orang percaya. Dua hal yang akan terjadi ketika Roh Kudus turun kepada manusia, pertama manusia akan menerima kuasa surgawi/rohani, kedua dengan kuasa tersebut manusia akan menjadi saksi Kristus, Ada 2 jenis kesaksian : a. Kesaksian kepada sesama orang percaya. Tujuannya untuk saling menguatkan iman diantara orang percaya. Disini kita menceritakan perbuatan Tuhan terhadap kita (tokoh utamanya Tuhan), b. Kesaksian kepada orang yang belum mengenal Tuhan Yesus. Tujuannya supaya mereka mengenal dan menjadi percaya kepada Tuhan Yesus. Ini merupakan tugas kita untuk menyaksikan Yesus kepada mereka yang belum mengenal dan percaya.

Tuhan Yesus memberikan janji bahwa Dia akan memberikan Roh Kudus untuk memampukan kita menjadi saksi-Nya. Jika ada orang Kristen yang belum bisa bersaksi ada 2 kemungkinan, orang itu belum menggunakan kuasa yang telah diberikan Tuhan Yesus untuk bersaksi atau orang itu belum menerima kuasa dari Tuhan Yesus. Cara supaya kita menerima kuasa dari Tuhan Yesus adalah dengan bertobat dan memberi diri dibaptis (Kis 2:38).

Kis 1:9 menceritakan tentang terangkatnya Tuhan Yesus. Kemana Yesus terangkat? Kis 1:10-11: Yesus terangkat ke sorga, ada perubahan kualitas tempat dari bumi ke surga. Bumi yang dibatasi oleh konsep ruang dan waktu dan bersifat duniawi, terangkat ke tempat yang tidak dibatasi oleh konsep ruang dan waktu dan bersifat rohani (surgawi). Ibrani 1:3: Yesus akan datang kembali sebagai hakim yang adil. Marilah kita menantikan kedatangan Tuhan Yesus dengan mempersiapkan diri berpikir secara rohani, menggunakan kuasa untuk menjadi saksi Kristus dan memiliki kualitas kehidupan yang menantikan kedatangan-Nya.

(BC/05/10)