Ringkasan Khotbah

Tunduk pada pimpinan Tuhan adalah kerinduan kita, bukan karena kita kuat tetapi Tuhanlah yang menggerakkan kita. Orang percaya dipanggil untuk tunduk   kepada Sang Guru. Abraham Bapak orang beriman, Tuhan membimbingnya ke suatu tanah perjanjian. Tuhan Yesus tunduk kepada Bapa, Ia sunguh-sunguh mengerjakan panggilan untuk tunduk kepada Allah. Mengiring Tuhan tidak mudah butuh kehendak Tuhan, bergumul bagaimana orang yang dipimpin Tuhan mau bergaul dengan Tuhan. Pelayanan Paulus : Bersama Silas dan Timotius

❶ Peka kepada pimpinan Roh Kudus Ay 6,7, mencegah dan tidak mengizinkan Paulus dan rekan-rekannya memberitakan Injil di Asia kecil. Ay 9, Malam itu Paulus mendapat penglihatan tentang seseorang berseru kepadanya, “Menyeberanglah kemari ( Makedonia) dan tolonglah kami”. Rencana Paulus berubah begitu Allah menyatakan rencanaNya melalui penglihatan itu. Sesuatu yang berat untuk meresponinya, tempat yang tidak mudah untuk diterobos. Terkadang kita tidak menyukai berbagai liku-liku yang akan kita jumpai dalam perjalanan itu, tetapi Allah memberikan yang terbaik dan menuntun kita menuju kehendakNya. Setelah kita masuk dalam pimpinan Tuhan, belajarlah memelihara persekutuan dengan Tuhan. Pasal 18:23, perlu belajar dari Paulus dan Silas yang pernah menghadapi pergumulan yang sangat pelik, mereka dianiaya dan dipenjarakan namun mereka tidak meragukan pertolongan dari Tuhan, mereka tetap percaya kuasa Tuhan yang sanggup menolong mereka ditengah persoalan apapun.

❷ Taat pada panggilan Roh Kudus ay 8-12. Ada tujuan yang jauh lebih besar dan lebih mulia, Tuhan membimbing Paulus supaya menemukan Makedonia yang sejati. Pola pikir berpengaruh luas akan mempengaruhi dunia. Pola pikir Yesus mewarnai hidup kita, hidup jujur, janganlah karakter kita dijajah. Hanya Paulus yang memiliki latar belakang budaya Yunani kemampuan yang tepat untuk dapat melayani mereka, Paulus dipenuhi Roh Kudus dan termotivasi kerinduan untuk mentaati Allah dan menyebarkan Injil Kristus. 3. Tetap mengutamakan Injil bagi orang lain ay 13-18. Ia tidak mengeluh walau melayani Jemaat yang berjumlah sedikit, melayani para perempuan, menerima pertobatan, Paulus begitu tunduk pada pimpinan Tuhan. Peka akan godaan iblis yang mempengaruhi seseorang dengan kata-kata yang baik, bisa  menyamar menjadi malaikat terang 2 Kor 11:14. Tuhan memberi sarana kepada kita melalui Firman dan Doa. Taatilah Dia dengan segera jangan menunda, taatilah Dia secara menyeluruh bukan kepada hal-hal yang menyenangkan secara pribadi. Belajar mentaati apa yang Tuhan kehendaki, sebar luaskan Injil Kristus.