Pengkhotbah

Perikop
Roma 8:10-11

Ringkasan Khotbah

Hidup dalam Kristus: Dalam Kristus tidak ada penghakiman, dalam Kristus ada hidup baru, dalam Kristus hidup dalam Roh. Roh Kudus menaungi dan mengajar kita mengaku dari hati, Yesus adalah Tuhan, juga menuliskan kehendak Allah dalam hati kita. Roh Kudus yang diam dan berkarya didalam orang percaya adalah oknum ketiga Allah Tri Tunggal (ayat 9). Sejak kita percaya Yesus, Roh Allah tinggal didalam kita.

Semua manusia terbelenggu dosa dan terdakwa dihadapan Allah. Biji-biji dosa yaitu kebusukan, kelemahan sudah tertanam dalam tubuh kita. Manusia diciptakan serupa dengan gambar Allah namun semakin merosot karena sudah dikuasai biji-biji dosa. Tubuh pemberian Allah tidak ada lagi, orang Kristen yang sudah diperbarui masih hidup dibawah kuasa dosa (Roma 7:18, 22-24). Meskipun telah diperbarui oleh anugerah Allah dalam Kristus, mereka masih berorientasi pada perjuangan moralnya sendiri untuk hidup kudus.

Ayat 10, tetapi jika Kristus ada didalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. Pada waktu manusia diciptakan Allah (dari debu),  Tuhan menghembuskan atau memberi Roh, manusia segambar Allah maka manusia mengerti akan maksud misi Tuhan. Tetapi karena ketidaktaatan Adam dan Hawa kita semua yang mewarisi derajad yang sama sebagai manusia mewarisi juga dosa dan maut. Kita tidak bisa menikmati kasih Tuhan, manusia bisa bertumbuh, memiliki pengetahuan, pekerjaan tetapi roh kita mati. Namun karena ketaatan Kristus kita dibenarkan, Yesus datang memberi Roh baru, hidup baru (Roma 5:18). Manusia batiniah kita semakin diperbarui melalui Roh Kudus tetapi menurut Alkitab tubuh manusia tetap mati. Ayat 11, jika Roh Allah yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam didalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh RohNya, yang diam didalam kamu. Didunia kita hidup dengan tubuh fana tetapi secara Roh kita diselamatkan. Roh Allah bukan saja membangkitkan tetapi juga menghidupkan menjadi tubuh mulia.

Allah Tritunggal: Allah Bapa merencanakan keselamatan. Allah Anak mewujudkan keselamatan. Allah Roh Kudus mengaplikasikan keselamatan. Keselamatan dimeteraikan Roh Kudus, tubuh kita yang mati akan diganti dengan tubuh mulia oleh kematian Kristus, tidak terikat waktu dan tempat. Oleh kebangkitan Tuhan Yesus, kita mendapatkan keselamatan sempurna. Kita adalah milik Kristus, selayaknya mencerminkan Dia yang membangkitkan hasrat kudus dalam diri kita oleh karya Roh, mari kita arahkan iman kita kepada Kristus, hidup didalam Dia dan menyaksikan betapa indahnya semarak anugerah keselamatan sempurna kepada mereka yang belum mengenal Yesus dan saling membagikannya dalam persekutuan kasih sesama umat beriman.