Pengkhotbah

Perikop
Yohanes 10:28-29

Ringkasan Khotbah

Ada 3 alasan mengapa kita menjadi milik TUHAN

1. ALLAH Bapa menjadikan kita sebagai hadiah.

TUHAN Yesus mengklaim diri sebagai pemilik atas kehidupan dan Yohanes 10:29 merupakan alasan utama bahwa kita adalah milik-Nya. ALLAH di Surga telah menjadikan kita masing masing sebagai hadiah yang dipersembahkan kepada Yesus Kristus. Berhubung kita ‘bukan sembarangan orang’ maka ‘Stop menyalahkan diri sendiri’, juga ‘Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain’. Dan karena kita adalah ‘orang penting’, maka kita tidak boleh berlaku sembarangan (misalnya: makan sembarangan, pergi ketempat sembarangan dll). Ingat, kita adalah milik Yesus Kristus.

2. ALLAH yang memilih kita. 

Kita dipilih bukan berdasarkan rupa, warna kulit atau tinggi badan, melainkan karena kita semua ada didalam hati ALLAH. Dalam Mazmur 130:12, dinyatakan bahwa kita adalah hasil tenunan TUHAN. Karena berasal dari TUHAN, maka apapun yang ada dalam diri kita adalah hasil tenunan TUHAN yang harus disyukuri. Dan mengucap syukur adalah Ibadah serta hasil penyembahan. Oleh sebab itu kita harus menyembah TUHAN dalam dengan mengucap syukur atas segala keadaan, dimana saja dan kapan saja.

3.  Kita telah menyerahkan diri kita sendiri.

Kita menjadi milik TUHAN karena kita menyerahkan diri kita sendiri. Kekristenan adalah pilihan dan merupakan pengalaman pribadi kita dengan Yesus Kristus. Kita mengenal Tuhan di hati dan tidak akan sulit untuk memberi sebab kita sudah mempersembahkan diri kepada TUHAN. 

Yang menentukan berkat kita adalah TUHAN. Ibrani 1:3; Yesaya 6:1 menunjukkan bahwa berkat kita berasal dari Atas. Walaupun kita tinggal di dunia yang berubah, tetapi kita punya ALLAH yang tidak pernah berubah dari dulu, sekarang dan selama-lamanya. Yang kita butuhkan ada dalam tangan-Nya. Yohanes 5:35 menyatakan bahwa kita ada didunia karena DIA. Dan karena DIA memegang segala sesuatu, maka segala keperluan kita dipegang tangan TUHAN. Jadi jangan sekali kali bergantung pada tangan manusia. Asal Yesus berada dekat kita, asal kita percaya Yesus, maka kita takkan berkekurangan apapun. Orang yang berharap akan Tuhan tidak akan berkekurangan, inilah dasar untuk menjadi Jemaat yang menyembah dan beribadah. Berkat TUHAN bagi kita adalah setiap hari sehingga Percaya pada TUHAN tidak akan merugikan.

TUHAN memakai orang yang merelakan dirinya untuk dipakai. Kemampuan akan diberikan TUHAN, topangan dari atas berasal dari TUHAN dan topangan dari bawah melalui sesama manusia. Hormati Orang tua (ibu- bapa) yang telah melahirkan dan membesarkan kita maka akan lanjut usia. Hormati Guru yang telah mendidik kita.