Ringkasan Khotbah

Tanda adalah sesuatu yang melambangkan suatu hal. Lukas 2:12 mencatat tanda natal yang pertama. Kelahiran Kristus di Betlehem sudah dinubuatkan 700 tahun sebelum kelahiran-Nya.

Pada masa itu, Betlehem adalah sebuah kota yang sangat kecil. Maria pada waktu itu mungkin berharap untuk bersalin di Nazaret. Namun Yusuf harus ke Betlehem bersama dengan Maria karena adanya perintah dari Kaisar Agustus untuk mendaftarkan diri di Betlehem. Dengan ini nubuat kelahiran Mesias di Betlehem ini digenapi. Kita melihat ini sebagai tanda bagi kita bahwa apa yang Tuhan nyatakan pasti terjadi.

Tuhan tentunya juga merencanakan siapa yang paling dahulu menerima berita kelahiran Mesias ini. Di sini kita lihat, Tuhan memilih para gembala. Pada masa itu, para gembala merupakan golongan sosial yang sangat rendah dan diabaikan. Mereka hidup nomaden. Mereka mungkin tidak termasuk orang-orang yang diminta untuk mendaftarkan diri karena rendahnya status sosial mereka. Tapi di sini kita lihat, Natal menunjukkan bahwa Tuhan memperhatikan orang-orang yang diabaikan.

Natal juga menunjukkan tanda kasih Allah pada manusia. Allah mengutus Anak-Nya yang tunggal bagi kita. Banyak orang yang ketika dalam kesulitan mencari Allah, tapi ketika hidup mereka baik-baik saja, mereka ingin Allah tidak ada di dalam kehidupan mereka. Mereka ingin mengusir Allah dari kehidupan mereka. Inilah dosa. Tapi Kristus yang lahir di dalam palungan yang hina adalah tanda bagi kita bahwa betapapun berdosanya seseorang, betapapun seseorang berusaha mengusir-Nya, karena kasih-Nya Ia rela untuk menyelamatkan orang tersebut. (HL/12/11)