Ringkasan Khotbah

Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tapi kebenaran, damai sejahtera, dan sukacita oleh Roh Kudus (Roma 14:17). Paulus memberikan nasehat kepada jemaat di Tesalonika untuk bersukacita (1 Tes. 5:16). Di Jepang para pelawak mudah mendapatkan istri para bintang film karena para bintang film tersebut merasa bahwa mereka dapat tertawa dengan menikahi para pelawak. Namun untuk apa tertawa tanpa sukacita sejati? Banyak orang tertawa namun tidak ada sukacita sejati. Dalam Alkitab, paling tidak ada 500 kata sukacita. Memang Alkitab berisi kabar tentang sukacita.

Dalam Lukas 1:35,37,45-47, ketika Maria mendapat kabar dari malaikat bahwa dia akan mengandung dari Roh Kudus, Maria bersyukur dan bersukacita. Bagi Maria kabar ini pasti membuatnya terkejut. Maria masih begitu muda dan sebentar lagi akan menikah dengan Yusuf. Yusuf seorang tukang kayu. Pada zaman itu di daerah Palestina upah seorang tukang kayu tidak begitu tinggi dan tidak begitu rendah. Ketika Maria mengandung tanpa ada suami, menurut hukum Taurat, Maria ada ketakutan bahwa dia akan dihukum mati dengan dilempari batu. Tapi Maria begitu bersukacita karena dia mengandung Sang Juru Selamat. Bagaimana Maria bisa bersukacita? Jawabannya hanya karena Tuhan sendiri yang menjadi sumber sukacita Maria. Maria sebagai seorang Yahudi, sudah diajarkan hukum Taurat sejak dia kecil dan ketika malaikat mengatakan bagi Allah tidak ada yang mustahil, Maria pun memegang teguh kata-kata itu. Dalam hidup kita pun, kita pasti mengalami masalah-masalah dan sepertinya kita tidak mampu bersukacita. Namun di balik awan gelap pun, tetap ada matahari.

Dalam Lukas 10:17-21, Yesus mengutus 70 murid untuk memberitakan Injil dan kembali kepada Yesus dengan gembira karena pelayanan mereka berhasil. Tetapi Yesus menasehatkan mereka untuk tidak bergembira karena keberhasilan pelayanan mereka namun karena nama mereka terdaftar di sorga. Orang Kristen bisa saja bergembira karena pelayanan, apalagi apabila pelayanannya berhasil. Namun, dalam Lukas 10:13-16, pelayanan Yesus sendiri sepertinya tidak berhasil. Walaupun demikian, Yesus tetap bergembira (ay. 21). Kegembiraan Yesus ini adalah dalam Roh Kudus, bukan kegembiraan karena hal-hal lahiriah.

Dalam Keluaran 32:1-35, ketika orang-orang Israel melakukan dosa besar dengan membuat lembu emas untuk disembah, banyak di antara mereka yang binasa. Tetapi mereka yang bertobat, namanya terdaftar di sorga. Dalam Daniel 12:1, disebutkan bahwa mereka yang terluput, namanya dituliskan dalam Kitab Kehidupan.

Yesus menyebutkan bahwa Dia adalah Gembala dan mereka yang mengikuti Yesus adalah para domba. Para domba yang telah mengikuti Yesus, mempunyai jaminan kehidupan yang kekal. Paulus mempunyai kewarganegaraan Yahudi dan Roma, namun Paulus berkata bahwa kewarganegaraan orang percaya adalah kewarganegaraan sorga (Filipi 3:20). Inilah yang membuat kita bersukacita bahwa kita memiliki kewarganegaraan sorga. Mari kita merenungkan bahwa kita adalah warga negara sorga. Sebuah gereja di Hawaii mempunyai buletin bernama “tengokujin” (orang sorga). Kita harus memperlihatkan kepada dunia bahwa kita adalah warga negara sorga ibarat kita memperkenalkan diri kepada orang lain: “Saya berasal dari sorga”. Lukas 24:50-53 juga mencatat ketika Yesus terangkat ke sorga, para murid pulang dengan sukacita.

Seorang Jepang yang menderita sakit depresi di Aomori tertarik mengikuti kebaktian setelah bertemu dengan beberapa kaum ibu Kristen warga negara Indonesia. Orang Jepang tersebut perlahan-lahan sembuh dan mendapatkan sukacita mengikuti persekutuan bersama-sama kaum ibu tersebut. Baru-baru ini, ketika melayani ke Indonesia, saya ngobrol-ngobrol dengan seorang sopir taksi. Sopir taksi tersebut bertanya: “Mengapa Bapak terlihat bersukacita?” Melalui obrolan tersebut, saya memberitakan Injil kepada sopir taksi tersebut. Sopir taksi tersebut meminta saya mendoakan dia dan saya pun menasehatkan dia untuk mulai mencari gereja.

Kita hidup dalam sukacita sejati karena kita adalah warga negara sorga dan itu harus kita ceritakan bagi orang-orang di sekitar kita.