Ringkasan Khotbah

Yakobus 4:7: “Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!” Dalam menghadapi Iblis, kita harus menyiapkan seluruh perlengkapan senjata Allah dan kita juga harus tahu strategi Iblis supaya dapat menang.

Dalam Kejadian 3:1-7, ada 3 tokoh dalam strategi Iblis yaitu Iblis, ular dan manusia. Di ayat 1-3 dituliskan tentang ular sebagai binatang darat yang paling cerdik dan pembicaraannya dengan Hawa. Walaupun begitu, Iblis bukanlah ular dan ular bukanlah Iblis melainkan ular sebagai media yang dipakai Iblis untuk menjatuhkan manusia. Kita perlu ingat bahwa Iblis dapat menggunakan apa saja untuk menjatuhkan manusia sehingga jauh dari Allah dan mengikuti bisikan Iblis yang membawa kepada kebinasaan. Dalam strateginya, Iblis tidak langsung berusaha menipu Adam melainkan Hawa karena dia tahu Tuhan berfirman langsung kepada Adam sehingga Adam percaya dan menjaga janji itu. Tetapi Hawa mendengarnya dari Adam.

Seperti itu juga kalau kita hanya mendengar dari pendeta atau orang lain sehingga masih banyak keraguan, kekuatiran dan kurang percaya dalam hati kita maka kita rentan terhadap tipu daya Iblis dan memberikan peluang bagi Iblis untuk berdialog dengan kita dan menipu kita. Kita perlu peka untuk membedakan yang mana suara Tuhan dan yang mana suara Iblis. Caranya yaitu hidup takut dan tunduk hanya kepada Allah saja.

Iblis juga dapat menipu lewat cara memutarbalikkan firman Tuhan. Dalam ayat 4-5, Iblis menggunakan dua hal yang membuat Hawa menjadi ragu dan akhirnya mengikuti bisikan Iblis: 1) ketakutan akan kematian (ayat 4); dan 2) keinginan akan kekuasaan. Kedua hal ini dapat dipakai Iblis untuk merayu kita supaya tidak mengindahkan firman Tuhan dan justru melakukan hal yang melanggar perintah Tuhan. Kita harus sadar siapa diri kita dan kelemahan serta keterbatasan diri kita yaitu adalah ciptaan yang tidak akan dapat sama seperti Sang Pencipta kita.

Iblis selalu menawarkan/membisikkan hal yang enak dan sedap serta menyenangkan hati manusia (ayat 6-7). Tetapi kenikmatan duniawi yang disuguhkan oleh Iblis justru membuat kita melanggar firman Tuhan dan jauh dari pada-Nya. Banyak hal-hal di dunia ini yang tidak tercatat langsung di dalam alkitab bahwa semuanya itu tidak diperbolehkan seperti halnya merokok, dsb. Tetapi hal-hal seperti ini adalah hal-hal yang merusak tubuh kita yang adalah bait Allah yang seharusnya perlu kita kuduskan bagi Tuhan.

Dengan berbagai cara Iblis berusaha menjatuhkan kita. Oleh karena itu kita harus peka dengan suara Tuhan dan tunduk hanya kepada-Nya (Yakobus 4:7).

(AS/11/10)