Ringkasan Khotbah

Satu-satunya saksi pekerjaan Roh kudus di dunia ini adalah gereja Tuhan. Hanya gerejalah yang berbeda dengan lembaga atau organisasi lain di muka bumi ini, karena gereja dipimpin dan digerakkan oleh Roh kudus. Seluruh karya keselamatan yang dikerjakan Tuhan Yesus telah dinyatakan secara sempurna di Alkitab. Pencurahan Roh Kudus memastikan bahwa Yesus sudah naik ke sorga dan umatNya di bumi terpelihara melalui kehadiran Roh Kudus untuk memimpin dan berjalan menuju sorga sesuai dengan janji Tuhan Yesus dalam Yoh 16:7 bahwa Penghibur itu akan datang dan diutus oleh Yesus. Dalam sebuah pengakuan iman, ada pengajaran Roh kudus yang sangat baik.
1. Ia adalah Allah yang sejati dan sama kekalnya dengan Bapa dan Anak. Ketika Roh kudus disebut setara dengan Bapa dan Anak, dia disebut Penghibur dan Penolong. Karena dia penghibur, jadi bukan hanya kekuatan ekstra seperti yang disebut oleh Saksi Jehowa. Karena dia Penolong, berarti dia berkuasa. Di Mat 28:19, amanat agung menyatakan kesetaraan itu. Roh kudus tidak lebih rendah dari Bapa atau Yesus.
2. Ia telah dikaruniakan kepadaku untuk menjadikanku pengambil bagian di di dalam Kristus dan segala manfaat dariNya dengan iman yang sejati, untuk menghiburku dan untuk berdiam bersamaku selamanya. Orang percaya butuh penghiburan, pertolongan. Penghibur dan pertolongan kita yang sesungguhnya adalah Roh Kudus. Dan kita akan membenci apa yang Dia benci, menyukai apa yang Dia sukai. Mungkinkah kita sedang dalam perjuangan hidup? Mungkin kita ada ketakutan/ kekuatiran. Tapi Dia adalah Allah yang setia.

 

Dalam Yoh 14:25-26, dikatakan tentang Roh Kudus:
1. Ia akan mengajar serta mengingatkan Firman (ayat 26) . Roh Kudus akan terus mengajarkan apa yang telah diajarkan oleh Yesus bagi umatNya. Kecenderungan hati manusia adalah melupakan yang benar tapi mengingat apa yang salah/tidak benar. Dan Roh Kudus akan mengingatkan apa yang diajarkan Yesus. Ada dua jenis khotbah yang ditekankan di sini; Pertama: Firman terdengar di telinga kita oleh mulut manusia. Kedua: Roh Kudus akan memanggil kita untuk melihat keselamatan itu. Contoh saat kita membawa lilin ke depan orang buta. Orang buta itu tidak bisa melihat sendiri. Perlu penolong. Roh Kudus lah yang akan menjelaskan. Roh kudus mengajar, mengingatkan, dan menerapkan. Jika Roh itu tidak membukakan, makan kita tidak akan mengerti apa-apa , dan tidak bisa melihat kedalaman iman. Maka kita perlu pimpinan dalam membaca Alkitab. Orang Kristen tidak pernah kekurangan Roh Kudus. Kita semua sudah mendapat Roh Kudus. Tapi yang berbeda adalah level ketaatannya.
2. Roh Kudus yang memimpin dalam kekudusan (1 Kor 6:19). Roh kudus akan menarik hati kita mendekat kepadaNya menjadikan kita bersifat rohani dan saleh dan senantiasa hidup demi kemuliaan Allah. Apa alasan utama orang Kristen disebut orang-orang yang mengerjakan hal-hal rohani? Kekristenan identik dengan hal rohani. Karena Roh Kudus diam di dalam diri orang Kristen, dan menghasilkan buah-buah yang selaras dengan natur sejati Roh itu sendiri. Kita tidak bisa membedakan dan memisahkan hal-hal rohani dengan Roh Kudus. Kekudusan adalah keindahan dan daya tarik natur ilahi, seperti halnya panas merupakan natur dari api. Kekudusan juga tidak bisa dipisahkan dengan Roh kudus. Di mana ada Roh Kudus, di situ ada kesucian. Setiap orang percaya adalah milik Allah. Kunci kekristenan kita berbuah: mencintai kekudusan dan kehendak Tuhan, membenci dosa, kecemaran, dan percabulan.
3. Roh Kudus memimpin kepada kehidupan yang kekal (Yoh 14:16). Ia selalu hadir dan mengarahkan mereka kepada kehidupan kekal. Ia akan memandu dan mengiring mereka. Salah satu tanda bahwa kita ini milik Kristus adalah kita dipimpin oleh Roh Kudus (Roma 8:9). Kata menyertai menunjukkan ketidak-terpisahan. Ia tetap menjagai mereka. Roh Kudus menjadi meterai (Efesus 1:13-14), jaminan untuk memastikan bahwa keselamatan orang percaya tetap bertahan sampai kekekalan.

Kiranya kita semakin tunduk dan dipenuhi oleh Roh Kudus melalui Pentakosta ini.