Ringkasan Khotbah

Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan, sebab berlalunya terburu buru, dan kami melayang lenyap (Mazmur 90 ay. 10). Konsep waktu dalam Alkitab: 1. Waktu Kronos (waktu siklus biasa, jam bulan, tahun) dimana waktu ini terus berlangsung. 2. Waktu Aion, waktu yang lama sekali / waktu yang tanpa batas, waktu kekekalan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. 3. Waktu Kairos, berbicara tantang kesempatan, Roma 5 ay 6, Galatia 6 ay 10, menyatakan kasih Kristus dan rela mengulurkan tangan mengambil bagian dalam berbuat baik bagi sesama sesuai kehendakNya. Jika kesempatan tidak digunakan waktu akan berlalu begitu saja, waktu kairos akan hilang.

Melalui perikop ini kita belajar 6 cara memperhatikan waktu yang Tuhan inginkan untuk kita lakukan.

1. Perhatikan waktu belum mengenal Kebenaran ay 4-6. Paulus menaruh kepercayaan pada hal hal lahiriah, sebagai orang Yahudi yang bersunat dan orang Farisi, ia sangat mematuhi hukum Taurat. Kegiatan Paulus, menganiaya Jemaat.

2. Waktu dipanggil dan menerima panggilan Allah ay 7-9. Panggilan Allah melalui fenomena (Kis 26 ay 13-18). Paulus sadar dan mengetahui Siapa yang memanggilnya dan tujuan panggilan Tuhan. Ia menggangap prestasi masa lalu sebagai sampah dan rela kehilangan hal hal tersebut karena pengenalan akan Kristus lebih indah dari semuanya. Kita mau bertobat, tapi kita masih hidup bergantung pada hal hal lahiriah.

3. Waktu hidup belajar dalam Kebenaran ay 10-11. Mengenal Dia secara pribadi. Banyak orang Kristen tahu Kristus tetapi tidak mengenalNya. Kesungguhan hati kita mau belajar mendengar KebenaranNya, kuasa kebangkitanNya, akan menjadikan pengenalan dan persekutuan dengan Yesus semakin erat. Karena Dia bangkit untuk itulah Injil diberitakan. Paulus siap mati untuk Injil, mengikuti Yesus tidak selalu nyaman dan hidup dalam berkat. Kita harus belajar menderita, fokus pada panggilan untuk memenangkan serta memelihara jiwa yang Tuhan percayakan bagi KerajaanNya. Semakin kita belajar mengenal Allah Tritungal, haruslah kita menyadari betapa kecilnya kita.

4. Waktu hidup dalam Kebenaran ay 12-13. Bukan seolah olah Paulus telah disempurnakan namun penemuan paling berharga selama hidupnya adalah pengenalan akan Kristus dan mengalami hubungan yang erat dan berada di dalam Dia.

5. Tujuan memperhatikan waktu ay 14. Tujuan hidup untuk panggilan sorgawi.

Paulus menggunakan illustrasi pertandingan mahlota kemenangan (Filipi 1ay 21-22, Yakobus 1 ay 12, 1 Petrus 5 ay 4, Wahyu 2 ay 10. Menetapkan tujuan hidup akan memudahkan gerak hidup kita dan membuat kita mengerti kemana harus melangkah. Kita perlu waktu khusus untuk memikirkannya dan meminta hikmat dan petunjuk dari Tuhan, sebagai Pencipta kita Dia lebih tahu tujuan baik apa yang harus kita tetapkan. Panggilan Tuhan akan memampukan untuk terus menghidupi visi dan beban yang Tuhan tanamkan didalam hati kita.

6. Kesimpulan memperhatikan waktu ay 15-16. Sempurnalah berpikir tentang Kristus Yesus, bersedia menerima pengajaran dari Allah, terus menerus belajar dan dituntun oleh amanat Allah.