Pengkhotbah

Perikop
1 Yohanes 2:18-27

Ringkasan Khotbah

Di dunia ada yang menghalangi untuk mengenal Tuhan. Perikop hari ini menjelaskan bagaimana kita menghadapinya dan menang. Di ayat 18 dikatakan bahwa waktu ini adalah waktu yang terakhir. Istilah waktu terakhir ini, dalam perjanjian lama hari terakhir, zaman terakhir, waktu terakhir. Ini adalah satu istilah khusus dalam Alkitab, yang menerangkan kedatangan Mesias, yang pertama kali dan kedua kali. Kisah Para Rasul 2:14, menjelaskan setelah hari Pentakosta, Roh Kudus dicurahkan, Petrus mengutip nubuat nabi Yoel. Tuhan Yesus juga mengatakan bahwa kerajaan Allah sudah datang. Keselamatan tidak lagi melalui bangsa Israel tapi melalui Yesus. Siapa yang percaya akan diselamatkan.

Tanda kerajaan ada banyak ditunjukkan oleh Yesus. Tapi ada juga tanda dari yang berlawanan. Yaitu munculnya anti Kristus. Ini diterangkan di kitab Wahyu yaitu Naga, setan, iblis, ini disebut sebagai anti Kristus. Iblis disebut kepala roh-roh jahat. Jadi adanya banyak antikristus, benar-benar waktu yang terakhir. Saat kitab Yohanes ini ditulis, ada 2 aliran anti Kristus yang disebut bidat.

  1. Aliran Gnosis (pengetahuan khusus). Dulu bersama dengan gereja, tapi kemudian keluar. Inti pengajarannya adalah: kalau sudah mengalami pengetahuan istimewa, sudah mendapat kuasa dari Allah, sudah hidup bijaksana. Intinya adalah membedakan Yesus dari Nazaret dengan Yesus Kristus.  Maka ciri pengajaran Gnosis adalah tidak mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan. Menurut mereka, Yesus lahir secara natural melalui Yusuf dan Maria, waktu kecil kepintarannya luar biasa. Dan saat Yesus dibabtis, Kristus masuk dalam bentuk roh. Saat melayani selama 30 tahun lebih bisa melakukan mukjizat karena ada Kristus dalam Yesus. Tapi saat disalibkan, sebelumnya Kristus sudah pergi dari tubuh Yesus. Gnosis memisahkan Yesus dari Nazaret dan Yesus Kristus.
  2. Aliran Sokei. Artinya Yesus dari Nazaret seperti manusia, tapi bukan manusia yang benar. Mereka mengajar bahwa Yesus bukan jadi manusia seperti kita. Mereka tidak percaya pada keTuhanan Kristus. Dokei menyangkal keAllahan Kristus. Gnosis menyangkal kemanusiaan Kristus. Gnosis lama memperngaruhi umat Kristus. Pada masa kini disebut:
    – aliran Uniterian, tidak mengakui tritunggal.
    – Christian Science. Kristen Science menerangkan ratio manusia adalah terpenting. Apa yang tidak bisa dimengerti secara rasio ditolak.
    – Saksi Jehowa, yang terbanyak di dunia. Meragukan ke Allahan Kristus. Mereka mengubah alkitab. Mereka keliling ke tiap rumah/station.
    – Tapi secara teologi pengertian yang paling bahaya adalah liberalisme. Bebas dari kuasa Allah, kuasa Firman Tuhan. Tidak perlu percaya pada Firman Allah. Tidak perlu terikat. Jadi apa yang masuk akal bisa diangkat sebagai kebenaran.

Yesus pernah melakukan mukjizat berjalan di atas air, atau memberi makan banyak orang. Saat Yesus memberi makan banyak orang, pesan yang diambil adalah gotong royong. Inilah kalau rasio manusai lebih ditinggikan dari Firman Tuhan.  Firman Tuhan 2000 tahun yang lalu mengatakan ada anti Kristus.

Sekarang Firman Tuhan diartikan dengan berpusat pada Kristus. Satu tanda bidat adalah dulu mereka ada di dalam gereja, dulu pendeta, tapi akhirnya memisahkan diri. Anti Kristus bukan hanya pada zaman dahulu , tapi juga ada saat ini. Berakar pada Gnosis atau Dokeism. Bagaimana kita menghadapinya:

Satu fungsi Roh Kudus adalah mengetahui Yesus sebagai anak Allah, sebagi sumber terang yang sejati.  Yohanes menuliskan ini agar jemaat Efesus lebih mengerti. Yohanes menekankan bahwa kita sudah memiliki pengharapan. Jadi kita harus tetap tinggal dalam Firman (ayat 24).

Rasul Paulus menasehati melalui Timotius supaya hati-hati terhadap pengajar-pengajar palsu. Sifat antiKristus adalah suka mengadakan hal-hal yang baru untuk menarik perhatian. Tapi kita dijanjikan oleh Yesus hidup yang kekal. Maka Yohanes berulang-ulang mengatakan mengenai hidup yang kekal yaitu: ❶ Kita adalah berasal dari Allah, ❷ Kita hidup di dalam Allah, dan Allah hidup di dalam kita, ❸ Orang Kristen adalah berasal dari Allah dan disebut anak Allah.

Yesus saat datang kedua kali akan mengumpulkan semua dan membuang lalang. Jadi kita tidak usah terlalu pusing tapi kita perlu hati-hati. Kita sudah benar-benar dalam zaman akhir di perjanjian baru. Kita sudah menikmati hidup bersama dengan Tuhan Yesus.