Pengkhotbah

Perikop
Yohanes 1:35-42

Ringkasan Khotbah

Mengikut Yesus adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh kita sebagai seorang Kristen. Bacaan hari ini menceritakan kisah dimana Yesus mengajak beberapa orang untuk menjadi murid-murid-Nya yang pertama. Pertama-tama, kita belajar tentang sikap Yohanes Pembaptis terhadap dua muridnya. Ketika dia melihat Tuhan Yesus mengajak muridnya untuk menjadi murid Yesus, dia lebih mengutamakan Yesus daripada mengutamakan kebutuhan dirinya sendiri dengan merelakan muridnya untuk mengikuti Yesus (ayat 35-36). Kemudian kita juga belajar dari respon dua murid Yohanes yang lebih memandang Kristus dan siap untuk mengikut Kristus padahal mereka sudah lama mengikuti Yohanes Pembaptis (ayat 37).

Ketika murid-murid itu memiliki keputusan untuk mengikuti Yesus, Yesus bertanya kepada mereka “Apakah yang kamu cari?”. Mereka menjawab dengan keinginan mereka untuk lebih mengenal dan lebih dekat dengan Yesus Kristus (ayat 38). Disini kita perlu merenungkan apakah motivasi kita dalam mengikut Yesus? Apakah kita benar sungguh-sungguh ingin mengenal Yesus dan bukan hanya untuk mendapatkan berkat-Nya.

Salah seorang murid yang kemungkinan besar adalah sang penulis Injil Yohanes mengingat dengan detil waktu dimana dia pertama kali mengambil keputusan untuk mengikuti Yesus (ayat 39). Dan melalui pengalaman pribadinya ini, ia memberikan kesaksian ke saudara-saudaranya. Kita perlu belajar dari teladan Andreas, setelah mengambil keputusan mengikut Yesus, bersaksi kepada saudaranya Simon dengan menceritakan kesaksian dirinya telah menemukan Kristus dan membawanya kepada Yesus (ayat 41).

Mari kita sebagai murid-murid Yesus juga belajar dari teladan murid-murid Yesus pertama untuk mengajak saudara-saudara kita untuk mengikut Yesus dengan membagikan kesaksian diri kita bagaimana dan kapan Dia mengajak kita untuk mengikutinya.

(S/03/11)