Ringkasan Khotbah

Tema gereja kita pda tahun 2009 adalah “Jemaat yang menyembah dan beribadah”. Selama satu tahun kemarin kita sudah belajar tentang bagaimana menyembah Allah dalam roh dan kebenaran.

Dan tema tahun 2010 adalah “Melayani dalam kekudusan” sebagai umat Allah yang menyembah dalam roh dan kebenaran. Dalam Keluaran 19:5-6 dan 1 Petrus 2:9 firman Tuhan menyinggung tentang 3 hal, yaitu:

  1. Identitas sebagai umat Allah. Ada 3 perumpamaan yang dipakai untuk menggambarkan identitas umat Allah dalam firman ini, yaitu:
    • harta kesayangan, yaitu keberadaan yang sangat penting dan berharga. Tuhan sangat menghargai kita.
    • bangsa yang terpilih, mengapa Tuhan menghargai kita? Tentu saja bukan karena kepintaran atau talenta yang kita miliki tetapi Allah sendiri yang telah memilih kita sehingga kita menjadi bangsa/keturunan pilihan. Kita diberi kuasa untuk menjadi anak-anak Allah (Yohanes 1:12), Kita adalah umat yang kudus, umat yang dipilih dan umat kesayangan Allah, dan hati Tuhan terpikat oleh kita (Ulangan 7:6-7).
    • umat kepunyaan Allah, Karena Allah yang terlebih dahulu memilih dan mengasihi kita, kita menjadi umat kepunyaan Allah. Orang yang percaya selalu memandang mata Allah, maksud Allah dalam kehidupan kita.
  2. Tugas sebagai umat Allah. Tugas kita sebagai umat Allah adalah menjadi imamat yang rajani. dan memiliki 2 tugas utama yaitu melayani Tuhan & melayani sesama (1 Petrus 2:9) yang tercermin dalam teladan TUHAN YESUS.
  3. Ciri khas umat Allah. Ciri khas umat Allah adalah bangsa yang kudus (kudus= hagios=lain daripada yang lain). Tuhan telah memisahkan kita dari bangsa-bangsa lain supaya kita menjadi milik Tuhan (Imamat 20:26), (Yohanes 17:6,9,14). Cara hidup lain dari pada yang lain yaitu hidup takut akan TUHAN (1 Petrus 1:17), tidak hidup foya-foya, tidak hidup kosong dan tidak hidup fana (1 Petrus 1:18-19), hidup dalam iman dan pengharapan.

Mari kita songsong tahun 2010 dengan menjadi umat Allah yang memiliki identitas yang jelas, tugas yang mulia sebagai bangsa yang kudus.

(BC/12/09)