Pengkhotbah

Perikop
Roma 1:10-12

Ringkasan Khotbah

Di bagian Firman Tuhan ini, Paulus menuliskan bagaimana kerinduannya untuk pergi mengunjungi jemaat di Roma, tujuannya untuk bersama-sama berdoa dan saling menguatkan iman orang percaya. Demikian juga Pdt. Ida datang kembali ke Tokyo mengunjungi jemaat GIII Tokyo untuk saling menguatkan iman.

Kita perlu saling menguatkan iman supaya kita tahan uji dan tidak goyah dalam ujian iman sehingga menghasilkan iman yang dipuji Allah. Allah ingin kita setia dan taat dalam ujian yang kita hadapi. Orang benar akan hidup oleh iman (Roma 1:17) seperti yang tertulis dalam Ibrani 11 tentang orang-orang beriman (Abraham, dll). Janji Allah yaitu setiap apa yang kita lakukan akan ada upahnya dan iman kita akan tersiar ke seluruh dunia (Roma 1:8). Dan Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan (Roma 4:21).

Janji Allah dalam Filipi 4:19 dan Amsal 3:9-10 mengajarkan kita untuk tidak takut dalam tantangan hidup dan dalam situasi sulit sekalipun kita tidak goyah, baik menghadapi keadaan ekonomi yang sangat sulit di manapun kita berada. Di akhir zaman ini, keadaan dunia menggoncangkan hati manusia, dan manusia semakin hidup mementingkan diri sendiri, tidak peduli lagi dengan sesama, dan bahkan tidak peduli lagi dengan perintah Tuhan. Dalam keadaan seperti ini mari kita belajar untuk hidup menyenangkan hati Tuhan, mau melakukan apa yang Tuhan inginkan.

Tuhan mengizinkanuntuk mengalami masalah demi masalah tetapi Tuhan selalu menyediakan jalan
keluar. Melalui ujian-ujian tersebut maka iman kita semakin teruji dan kita
dapat semakin banyak berdoa dan semakin akrab dengan Tuhan. Roma 5:3-5:
kesengsaraan menimbulkan ketekunan, ketekunan menimbulkan tahan uji, tahan uji
menimbulkan pengharapan, dan pengharapan itu tidak mengecewakan, itulah janji
Allah. Cara kita memiliki iman yang kuat yang tidak mudah goyah:

  1. Banyak membaca Alkitab. Biasakan diri membaca teratur setiap hari. Alkitab adalah Firman Tuhan yang kita butuhkan sebagai makanan rohani kita.
  2. Banyak berdoa. doa adalah komunikasi kita dengan Tuhan. Dengan berdoa mempererat hubungan kita dengan Tuhan.

Orang yang diberkati Tuhan hidupnya berkelimpahan dan hidupnya menjadi pujian Tuhan. Yang banyak memberi banyak diberi, yang sedikit memberi sedikit menerima. Jangan hanya mendengar tetapi menjadi pelaku Firman, itulah iman yang terpuji, iman yang dapat diuji.  1 Korintus 15: 58: dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

(AS/01/09)