Pengkhotbah

Perikop
Yesaya 35:1-10

Ringkasan Khotbah

Nubuatan Nabi Yesaya sekitar 780 tahun sebelum Tuhan Yesus lahir, ”Ia sendiri datang menyelamatkan kamu” menunjukkan kepada Natal. Dia sudah lahir dalam hati setiap orang percaya, bukan lahir setahun sekali pada waktu Natal, Dia adalah Roh Allah yang diam dalam hati yang berserah penuh kepadaNya. Tuhan Yesus sangat unik dalam kelahiran, kematian dan kebangkitanNya. Tujuan kedatangan Yesus untuk membebaskan umatNya, semuanya terjadi nyata dalam dunia ini. Dia datang dari surge ke dunia ini sehingga inkarnasiNya membuat penebusan kita menjadi suatu hal yang memungkinkan untuk dilakukan (Lukas 1:30-32). Kristus adalah pusat dari pemberitaan tentang kuasa dan karya Allah, pengharapan umat Allah. Tanpa Kristus tidak ada Natal. Nama Yesus dalam bahasa Ibrani adalah keselamatan. Keselamatan kita tidak berasal dari sumber duniawi namun berasal dari Allah sendiri melalui Yesus dengan pertolongan RohNya.

Yesus datang melalui kandang domba yang begitu hina untuk membuka jalan bagi kita menuju surga dan membawa keselamatan kepada umatNya (Yesaya 35:8-9). Kedatangan Mesias. Ia sendiri datang dengan rupa insan sama seperti kita. Kedukaan dan keluh kesah akan menjauh dari hidup kita, akan tiba waktunya kedukaan  dan kehancuran berlalu dan Allah sendiri akan menghapus semua airmata kita (ayat 1-4). Sebagai ciptaan yang segambar dengan Allah, manusia sebagai puncak dari penciptaan Allah, bisa bersekutu dengan Allah. Tetapi dosa membuat manusia kehilangan kemuliaan Allah, melainkan memuliakan diri sendiri. Manusia yang telah dibelenggu oleh dosa menghendaki pemulihan, membutuhkan terang. Tuhan Yesus konsisten kepada misi kedatanganNya kedunia yaitu memulihkan kehidupan rohani umatNya. Ia datang untuk mengubah relasi secara radikal antara Pencipta dengan umatNya. Terang yang sesungguhnya telah datang. Umat yang lemah menjadi kuat karena ada pemeliharaan, ada Pribadi yang memegang. Kita patut bersyukur hidup ditangan Allah karena Ia selalu datang saat kita merasa sendiri, sedih dan kecewa. Dia adalah Tuhan yang memulihkan dan menyelamatkan (Matius 11:4-5). Allah menyediakan jalan bagi umatNya sendiri, bagi mereka yang percaya Yesus adalah Allah yang masuk kedalam dunia.

Kekristenan memberikan jawaban yang utuh bahwa jalan ke surga hanya melalui Yesus Kristus. Kiranya Natal tahun ini membawa kita semakin dekat kepada Tuhan, membuka pintu hati kita kepadaNya dengan iman, dan Dia akan lahir dalam diri kita oleh Roh Kudus. Tuhan Yesus ”Raja Damai” menghampiri kita karena kita berharga dimataNya. Tuhan Yesus datang untuk menyelamatkan kita semua.