Pengkhotbah

Perikop
Roma 8:31-39

Ringkasan Khotbah

Allah di pihak kita (ayat 31,32), suatu hal yang dahsyat dan sangat mengagumkan bagi kita orang-orang percaya. Bila dalam perjalanan kehidupan kekristenan, kita menyerahkan hidup dipimpin oleh Kristus, ada kuasa yang besar, Allah Bapa ada untuk kita, Allah bekerja untuk kita, God is for us. Apabila kita sungguh percaya kepada Kristus, Allah Pencipta, Penguasa ada di pihak kita. Allah mau merelakan Anak-Nya tercinta menderita bahkan mati di kayu salib untuk kita (ayat 32). Dia telah berikan segala-galanya bagi kita dan mempersiapkan kasih karunia, hadiah terbaik yang sangat bernilai tidak bisa dibeli dengan mata uang apapun. Mari kita sungguh-sungguh memahami Jumat Agung dan Paskah senantiasa dalam hidup kita.

Ayat 33, 34: Tidak ada yang akan menggugat kita karena Allah di pihak kita, Allah sudah membenarkan kita walaupun kita sudah bersalah. Tuhan Yesus yang sudah bangkit tidak  menghukum kita justru menjadi Pembela kita.

Ayat 35, 36: Orang-orang percaya mendapat penganiayaan, mengalami penderitaan, kelaparan, perang. Walaupun ada hal-hal yang terjadi seperti itu kita bisa kuat tidak goyah, karena ada kuasa dan anugerah Tuhan kita bisa melewati semuanya. Bersama Kristus kita akan mengalami hal-hal tidak enak tetapi bersama Kristus kita bisa melalui dengan baik.

Ayat 37-39: Kita ditentukan oleh Allah lebih dari pemenang, karena kita memiliki iman kepada Yesus Kristus, sehingga kita selalu berada di dalam jangkauan kasih Allah. Sebagai  orang percaya kita akan bisa bertahan menghadapi berbagai masalah karena Allah mengaruniakan segala sesuatu yang berguna untuk bertahan dalam penderitaan. Menurut pemikiran manusia ada hal-hal yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah, tetapi tidak ada  sesuatu pun yang akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah yang ada dalam Kristus Yesus karena Allah ada di pihak kita.