Pengkhotbah

Perikop
Roma 8:26-30

Ringkasan Khotbah

Roh membantu kita
Tuhan memberikan Roh Kudus untuk membantu dalam kelemahan kita (ayat 26). Roh Kudus bekerja bersama-sama dengan kita dalam pengharapan untuk menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kita mau percaya dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi dan sungguh-sungguh dalam kehidupan maka akan diberikan pengharapan serta Roh Kudus yang membantu kita. Roh Kudus membantu kita dalam hal berdoa yang berkenan kepada Tuhan. Roh Kudus juga, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa bagi orang-orang kudus (ayat 27). Mari kita membiarkan dan mempersilakan Roh Kudus menuntun kita dalam kehidupan sehari-hari.

Allah turut bekerja
Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (ayat 28). Hidup orang percaya tidak lepas dari suka duka, kesakitan dan kesehatan. Allah turut bekerja supaya kita boleh sampai pada kebaikan-kebaikan yang telah Allah siapkan bagi kita. Janji Tuhan ini akan terjadi apabila kita mengasihi Allah dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Wujud dari kita mengasihi Allah adalah:

  1. meluangkan waktu untuk Tuhan: tekun ke gereja untuk beribadah dan menyediakan waktu khusus bagi Tuhan
  2. melakukan sesuatu untuk Tuhan: memanfaatkan talenta dan waktu yang kita miliki untuk melayani Tuhan
  3. perjalanan hidup orang percaya: kita telah dipilih dan ditentukan dari semula sebelum kita diciptakan berdasarkan kehendak Allah (ayat 29).

Kita dipanggil untuk keluar dari keberdosaan dan dibenarkan oleh Allah melalui darah Tuhan Yesus untuk menjadi kudus dan menjadi anak Allah. Secara status kita telah menjadi orang benar di hadapan Allah. Kita harus hidup sebagai orang kudus bukan hanya secara status tapi sebagai orang yang telah dimuliakan Allah dalam praktek kehidupan dan perbuatan kita sehari-hari, yaitu dengan tidak melakukan perbuatan dosa dan hidup sesuai dengan kehendak Allah, maka kita akan hidup dalam keadaan tidak ada duka dan tangis (ayat 30). Allah merencanakan untuk kita dimuliakan dalam kehidupan dan marilah memberikan diri untuk dituntun oleh Roh Kudus.