Pengkhotbah

Perikop
Yohanes 10:10-11

Ringkasan Khotbah

Banyak orang Jepang pada hari ini ke kuil Shinto untuk meminta berkat kesehatan, keamanan, kesejahteraan, kesuksesan usaha dan pasangan hidup. Tapi kepada siapa mereka meminta dan siapa yang akan mengabulkan permintaan mereka tidak jelas. Tuhan Yesus datang supaya kita boleh mempunyai hidup dan segala kelimpahan. Dan sebagai Gembala yang baik Tuhan Yesus menyembuhkan orang sakit, memulihkan orang buta dan menyerahkan nyawa-Nya untuk umat manusia agar supaya umat-Nya boleh memperoleh hidup yang kekal.

Hidup yang kekal adalah mengenal Allah satu-satunya, Allah Tunggal, Allah semesta alam dan mengenal Yesus Kristus yang sudah diutus untuk menebus dosa kita (Yohanes 17:3). Mengenal Allah adalah menerima dan percaya Yesus secara pribadi sebagai penebus dosa dan hidup bersama dengan Dia dalam kehidupan sehari-hari kita.

Hidup dengan segala kelimpahan dalam Tuhan. Hubungan rohani adalah hubungan kita dengan Tuhan. Membina hubungan rohani adalah dengan menyembah Tuhan, berdoa kepada Tuhan dan membaca firman Tuhan setiap hari agar supaya kita beroleh segala kelimpahan rohani dalam kehidupan kita (Yohanes 10:10). Kehidupan rohani kita dengan Tuhan yang berkelimpahan juga akan diikuti oleh segala kelimpahan dalam kehidupan spritual kita. Walaupun kita menghadapi banyak tantangan, penderitaan, permasalahan dan kemiskinan secara materi tapi kehidupan kita akan tetap penuh sukacita dan kaya dalam kemurahan (2 Korintus 8:1-2). Dengan memberikan persembahan persepuluhan Tuhan berjanji akan membukakan tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepada kita (Maleakhi 3:8-10), persembahan perpuluhan juga dikumpulkan untuk membantu para imam (Lewi 27:30). Janganlah juga kita mengabaikan kasih dan keadilan biarpun kita membayar perpuluhan (Lukas 11-42). Janganlah kita memberi pinjaman kepada saudara kita tetapi bantulah mereka yang dalam kesusahan dan kemiskinan. Tema Gereja kita untuk tahun 2012: Hidup Dan Kelimpahan. (AR/01/12)