Pengkhotbah

Perikop
Yohanes 10:10

Ringkasan Khotbah

Hidup kita ini bukanlah milik kita. Kita tidak bisa memperpanjang atau memperpendek hidup kita. Lalu, siapakah yang memiliki hidup itu? Di Alkitab, dalam Yohanes 11:25a Yesus mengatakan “Akulah kebangkitan dan hidup”. Karena Yesus Kristus adalah pemilik hidup, dia bisa berkata demikian. Pada hari Paskah, kita merayakan Yesus yang bangkit pada hari ketiga setelah mati di kayu salib. Yesus adalah benar-benar kebangkitan dan hidup.

Selain itu, di Yohanes 10:10b tertulis “Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan”. Yesus datang untuk memikul dan menanggung penderitaan kita. Yesus bangkit bukan untuk pamer kekuasaan, tetapi untuk memberikan kepada kita kehidupan. Dan bukan hanya kehidupan, tetapi juga supaya kita bisa memilikinya dalam kelimpahan. Inilah arti Paskah.

Paskah selalu dirayakan pada awal musim semi, di mana pada musim semi kita melihat kehidupan mulai muncul lagi. Yang diberikan oleh Tuhan Yesus adalah seperti itu.

Lalu, bagaimana dengan kita? Apakah di antara kita, ada yang seperti pohon-pohon di musim dingin? Bagaimana dengan kehidupan kita saat ini? Penuh kegagalan, putus asa, luka-luka hati? Tuhan Yesus adalah kebangkitan. Dia dapat membangkitkan kehidupan kita. Dia dapat memulihkan kehidupan kita seberapa hancurnya. Dia dapat memberikan kehidupan yang baru, hidup yang berkelimpahan. Yang artinya: hidup yang berarti, bermutu, berkualitas, bermanfaat bagi banyak orang.

Mari dengan Paskah kali ini kita menyadari apa yang Tuhan Yesus telah sediakan dan mari kita menjalani kehidupan yang baru, yang berkelimpahan. Mari kita menerima hidup dari Tuhan Yesus dan menjalani hidup yang baru.