Ringkasan Khotbah

Perjanjian Allah dengan Abraham yang terdapat dalam Kejadian 12:1-3 muncul sebanyak 4 kali dalam kitab PL. Sementara pesan berkat di dalam keseluruhan alkitab muncul sebanyak 365 kali atau sama dengan jumlah total hari dalam 1 tahun.

Ada dua elemen dalam perjanjian Allah dengan Abraham. Elemen pertama adalah berkat awal dari Allah kepada Abraham ‘Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau’ (12:2-3a). Elemen kedua adalah berkat lanjutan melalui Abraham kepada orang-orang ‘dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat’ (12:3b).

Hal ini berarti bahwa kita menerima berkat dari Tuhan lalu berkat itu mengalir kepada orang-orang melalui kita. Kita bekerja mengumpulkan uang untuk apa ? Bukan untuk dilihat dan dihitung saja, melainkan dipergunakan untuk berbagai hal. Hanya ingatlah bahwa uang tidak bisa dibawa ke surga maupun ke neraka. Ada sekitar 95% buku rohani yang membahas tentang berkat awal saja. Akan tetapi kita jangan berhenti disitu, jika sudah diberkati maka kita harus menjadi saluran berkat Tuhan.

Perjanjian Allah dengan Abraham diawali dengan perintah ‘Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu’ (12:1). Hal ini berarti bahwa kita mendapat berkat setelah melakukan yang diperintahkan oleh Tuhan. Pergi secara rohani berarti tidak diam dalam wilayah kita dan menerima berkat. Melainkan pergi dari wilayah kita untuk menjadi berkat bagi yang lain.

Ada kesamaan perintah Allah dalam Kejadian 12 dengan Matius 28 yaitu ‘pergilah jadikanlah semua bangsa muridku …’ Kita di beri perintah untuk memberitakan Injil kepada semua mahluk. Saat orang Kristen Indonesia pergi ke Jepang, maka ada berkat Tuhan untuk orang Jepang melalui kedatangan mereka. Begitu pula dengan orang Kristen di Indonesia, keberadaan mereka untuk menjadi berkat bagi seluruh orang Indonesia. Janji berkat dinyatakan sebanyak 365 kali dalam alkitab, sehingga jika tiap hari membaca alkitab maka berkat Tuhan di terima setiap hari. Hal ini juga berarti bahwa setiap hari kita diperintahkan untuk menjadi berkat bagi orang lain.

Setiap orang percaya diberi hak istimewa dalam misi pemberitaan Injil ke seluruh dunia. Artinya bukan harus pergi keluar daerah atau negara melainkan kepada lingkungan sekitar, mulai dari sanak keluarga, tempat bekerja dan belajar, dan lainya. Walaupun tidak semua orang harus menjadi misionaris, tetapi sadarilah bahwa kebahagiaan terbesar adalah sadar dan menjawab panggilan Tuhan dalam hidup kita. Panggilan Tuhan adalah untuk memberitakan Injil.

Mari kita dengarkan sungguh-sungguh panggilan Tuhan dalam hati kita dan responi panggilan-Nya. Jika kita menjawab panggilan itu, maka kita akan berbahagia. Sadari panggilan Tuhan dan hiduplah dalam panggilan Tuhan tersebut.

(FW/0311)