Pengkhotbah

Perikop
Ulangan 4:1-14

Ringkasan Khotbah

Allah Yang Kudus dan Suci adalah Allah yang menyatakan diri dalam kasih dan FirmanNya. Ia ingin membangun relasi dengan umatNya. Ayat 6,7,8; Sebab bangsa besar manakah yang mempunyai allah yang demikian dekat kepadanya seperti Tuhan, Allah kita, setiap kali kita memanggil kepadaNya? Ini sebuah pengertian konsep yang dibangun Musa mengarahkan pola pikir orang Israel, yang dipelihara dan diistimewakan oleh Allah. Allah dekat dengan umatNya berarti Ia memiliki nilai relasi yang sangat istimewa, namun seringkali kita tidak merasakan kedekatan dengan Allah. Firman memberi terang dan pengertian atas karya Allah bagi kita.

Bergaul dengan Firman Tuhan secara teratur akan menumbuhkan jati diri. Tanpa suatu pemahaman mengenai Firman Allah, tidak mungkin orang Kristen mengetahui bagaimana ia hidup dengan sikap menyenangkan hati Tuhan. Kita diwajibkan untuk mendengar ketetapan Firman Tuhan (Ulangan 8:3), apapun yang kita kerjakan selalu dipenuhi oleh kuasa Firman Tuhan. Mazmur 119:105,Firman Tuhan selalu menerangi dan menuntun jalan hidup kita. Tidak ada jalan lain dalam menghadapi kegelapan dunia ini selain dengan Firman Tuhan, satu-satunya yang dapat membangun sikap hidup yang benar. Dikala hidup kita tertancap kuat oleh FirmanNya, maka Tuhan yang tak pernah terlelap tidak akan membiarkan kita goyah.

Respon pemimpin Israel dalam Ulangan 5:22-28, mereka telah mendengar dan menyaksikan kemuliaan Tuhan tetapi tetap hidup. Sedangkan bangsa lain mendengar suara Tuhan akan mati. Sungguh kita adalah anak-anak Tuhan yang berbahagia. Ini hanya dialami oleh orang-orang kepunyaan Tuhan, betapa Ia mengasihi kita. Ulangan 4:2, Firman diberikan secara menyeluruh dan tuntas serta dituliskan dalam bentuknya yang stabil dan permanen tidak ditambahi dan dikurangi. Sebagai orang yang hidup dalam kasih karuniaNya, kita diajar untuk memilih persekutuan yang intim dengan Tuhan sebagai prioritas utama. Seluruh aspek kehidupan orang beriman didasari oleh hubungan kasihnya kepada Tuhan dengan komitmen dan kesetiaan total. Ulangan 6:7 memperingatkan kita untuk berulang-ulang mengajar anak-anak dalam setiap kesempatan dan memberi teladan yang baik sehingga mereka dapat mengikuti jejak kita tanpa merasa terpaksa. Membawa semua anggota keluarga untuk membaca Alkitab dan berdoa bersama, mendirikan mezbah keluarga adalah suatu kegiatan yang sesuai dengan perintah Tuhan. Marilah kita membiasakan diri berdoa dan membaca Firman Tuhan bersama-sama keluarga.