Ringkasan Khotbah

Kata ‘Dibenarkan’ secara umum dapat berarti: 1. yang semula bersalah lalu dijadikan benar; 2. bukan usaha yang bersalah tetapi dari pihak lain yang membenarkan; 3. masih banyak kesalahan, tetapi ditutupi / tidak dilihat lagi karena dibenarkan.

Semua manusia telah jatuh ke dalam dosa karena melanggar perintah Allah. Sehingga manusia tidak bisa bersama-sama Allah. Dosa adalah hal melanggar perintah Allah dan tidak percaya Allah. Allah telah membuat Yesus menjadi berdosa supaya dalam Yesus kita dibenarkan oleh Allah (1 Petrus 3). Ketika seseorang membuka hati, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, maka pada saat itu dosa-dosanya diampuni. Kita yang berdosa, dibenarkan ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Jadi setiap orang yang percaya kepada Yesus, sudah dibenarkan oleh Yesus.

Dipimpin dalam kebenaran oleh Roh Kudus. Ketika kita membuka hati dan menerima Yesus sebagai Juruselamat, Roh Kudus diberikan kepada kita. Roh Kudus yang membimbing dan memimpin kita kepada kebenaran. Apakah kita akan benar terus menerus? tentu tidak, sebab kita masih dapat berbuat salah. Tetapi Allah mengerti manusia adalah mahluk yang lemah dan butuh kekuatan. Jadi Roh Kudus diberikan supaya kita dibawa pada kebenaran dan tidak tersesat. Jika dipimpin oeh Roh Kudus, kesalahan kita akan minim karena dipimpin kepada yang benar. Roh kudus akan menuntun kita dari jalan yang salah kepada yang benar.

Penyertaan Tuhan sangat luar biasa, maka kita harus berhubungan dekat dengan Tuhan supaya dipimpin olehNya. Membaca alkitab adalah cara untuk dekat dengan Tuhan dan mengetahui isi hati Tuhan. Sering membaca alkitab akan membuat kita semakin mengerti apa yang Tuhan inginkan untuk kita buat. Jika Roh Kudus memimpin/menyertai maka dimanapun kita berada, kita tidak akan takut, Seperti Daud berkata Tuhan adalah gembalaku (Masmur 23),dimana saja kita hidup; Tokyo, Sidney, Indonesia, yang penting Roh kudus menyertai kita, yang penting Yesus menyertai kita !

Roh kudus diberikan kepada kita untuk menjadi saksi, apakah kita sungguh-sungguh percaya Tuhan. Sebab Roh Kudus mengetahui isi hati kita yang sesungguhnya. Sekalipun dunia bergoncang, Tuhan tidak akan membiarkan kita. Yang menjadi masalah adalah ‘kita sulit untuk percaya’. Yesus berkata, jangan kuatir tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya.

Jadi, Roh Kudus ada bersama kita, ada didalam kita. Tetapi sebelum itu terjadi, kita harus dibenarkan, kita harus membuka hati agar dosa-dosa kita diampuni, dan kemudian kita disertai oleh kebenaran. Kita seharusnya kuat didalam segala perkara karena Roh Kudus yang menjadi penolong, sumber kekuatan kita. Kita telah dibenarkan dan dipimpin oleh kebenaran. Roh kudus berada dalam hidup kita sebab kita telah dibenarkan melalui pengorbanan Yesus dikayu salib. Amin.

(FW/2709)