Ringkasan Khotbah

Berita yang membangun dan menghibur ini ay. 15 berkaitan dengan ay 4-5, oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat dan bertemu dengan gubernur pulau Pafos yang takjub oleh ajaran Tuhan dan akhirnya percaya kepada Yesus.

Misi pertama perjalanan Paulus: Yesus adalah Juruselamat. Ay. 14-49 merupakan inti bahwa Yesus adalah Juruselamat.

Istilah pesan ay. 7, sama dengan istilah Firman Tuhan (bahasa Yunani: logos), perkataan, bukan sekedar dari manusia tetapi dari Tuhan. Ay. 12, gubernur takjub dan percaya (Yohanes 1:1) Firman yang hidup, perkataan yang berkuasa dari Tuhan. Betapa pentingnya kita membutuhkan perkataan surgawi, di zaman ini kita telah mendapatkan perkataan surgawi, Firman yang hidup membawa orang-orang percaya untuk dibangun. Ditengah kesulitan yang mungkin kita hadapi, ingatlah untuk tetap selalu percaya akan pemeliharaan Tuhan, janganlah mengabaikan Tuhan dan FirmanNya. Firman Tuhanlah yang memungkinkan kita menjadi saksi yang hidup ditengah dunia ini. Tradisi kuno orang Yahudi, sama seperti rumah-rumah yang menyimpan harta, demikianlah karunia Allah selalu ada tersimpan dalam hati orang percaya. Kita adalah milik Allah maka seluruh karunia tersebut adalah milikNya untuk membangunkan umatNya.

Mazmur 40:4, Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku, hanya didalam Dia sajalah kita dapat memiliki pengharapan dan kepuasan memenuhinya dengan sukacita dan kedamaian. Ia memanggil umatNya untuk membawa berita yang membangun dan menghibur. Kemenangan Mesias atas dosa merupakan kemenangan yang luar biasa.

Filipi 2:1, “jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh ada kasih mesra dan belas kasihan.” Sumber nasihat dan kasih hanya dari Kristus, maka percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus maka kita akan alami penghiburan kasih, Tuhan Yesus Sumber Kasih, Sumber Penghiburan. Percayalah dan terimalah Yesus yang telah bangkit.

Misi pelayanan Paulus dan Barnabas tidak mudah ay. 13, Yohanes yang disebut juga Markus meninggalkan mereka dan kembali ke Yerusalem. Namun penginjilan semakin berkembang, mereka semakin terus memberitakan injil kepada banyak orang menghibur dan membagikan sukacita dari kasih karunia Allah yang telah mereka terima. Banyak rintangan yang menghalangi langkah kita untuk mewujudkan impian tetapi teruslah melangkah mengalahkan segala rintangan, tetap gigih dan bersemangat, Tuhan pasti menolong karena sesungguhnya tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya kepadaNya.

Kolose 4:10, Paulus memberikan teladan (menyelesaikan perselisihan dengan Markus), kunci pertama, terimalah dia, ampunilah. Kita perlu belajar dari Paulus, bapak rohani yang luar biasa, mungkin ada sesama yang menjengkelkan, marilah kita membawa damai dan menjalin persahabatan yang tulus dengannya, keindahan bersahabat dengan teman seiman menjadi nyata, kita akan semakin dekat dengan Tuhan dan melihat kebaikanNya.

Hari ini kita diingatkan membawa berita yang membangun, inilah kuncinya inti dari kabar yang membangun, Tuhan Yesus telah memberikan teladan bagi kita. Ay. 23, Allah telah membangkitkan Juruselamat; ay. 32 memberitakan kabar kesukaaan; ay. 37 Yesus yang telah dibangkitkan.

Efesus 2:21, karena kebangkitan Yesus membenarkan orang berdosa. Kita telah dipersatukan dengan Kristus, berita yang sangat menghiburkan, hidup bergaul dengan Kristus adalah nilai ibadah kita. Kepuasan sejati hanya dari Yesus yang telah mati di kayu salib.