Pengkhotbah

Perikop
Roma 15:22-33

Ringkasan Khotbah

Baptisan merupakan upacara pengakuan iman seseorang kepada Tuhan yang juga diumpamakan seperti upacara penerimaan murid baru. Tetapi upacara penerimaan ini dilaksanakan untuk meresmikan para calon murid sebagai murid dari suatu sekolah. Upacara penerimaan murid baru bukan hanya dihadiri oleh para murid yang akan diresmikan saja melainkan juga dihadiri oleh murid-murid yang lama yang tugasnya membantu para murid baru dengan mengenalkan tugas serta tanggung jawab sebagai murid disekolah tersebut.

Mengapa Paulus terhalang untuk pergi ke Roma? (Roma 15:22). Karena dalam penginjilan, Paulus memiliki prioritas yaitu tempat-tempat dimana injil belum diberitakan, dimana orang-orang ditempat itu belum pernah mendengar tentang Kristus. Sedangkan Roma adalah suatu kota dimana penduduknya telah mengenal Kristus. Di ayat 24, Paulus mengutarakan maksudnya agar jemaat Roma dapat mengantarkannya. Bukan hanya mengantar atau menunjukkan jalan kepada tetapi disini Paulus berharap agar jemaat Roma mau menjadi jemaat pengutus untuk pemberitaan injil. Dengan menjadi jemaat pengutus, maka jemaat Roma pun menjadi bagian dari pemberitaan injil seperti perintah Tuhan untuk menyebarkan injil sampai ke ujung dunia.

Ada 2 jenis tugas penginjilan: 1). Misionaris, 2). Pendukung misionaris. Maksud dari orang-orang kudus pada ayat 25, bukanlah orang-orang tak bercela tetapi orang-orang berdosa yang percaya kepada Tuhan. Contohnya: Petrus yang masih juga berbuat dosa bahkan sempat ditegur oleh Paulus. Sedangkan bantuan yang dimaksudkan berasal dari jemaat di daerah makedonia yang sebenarnya bukanlah jemaat kaya namun tetap mereka bisa membantu orang lain. Begitu juga kita, kita tidak harus kaya untuk membantu orang lain dalam hal keuangan. Karena membantu saudara seiman yang lain itu merupakan kewajiban.

Ciri orang Kristen seperti yang tertulis di ayat 30, bergumul bukan dengan kekerasan atau mengangkat senjata melainkan bergumul dengan berdoa kepada Tuhan. Dan Paulus sebagai hamba Tuhan membutuhkan orang-orang yang berdoa untuk dia. Begitu juga doa-doa dari jemaat akan sangat mendukung seorang hamba Tuhan. Hamba Tuhan akan merasa sangat dikuatkan oleh doa-doa para jemaat.

(VH/03/10)