Pengkhotbah

Perikop
Yesaya 60:1-2

Ringkasan Khotbah

Kebaikan Tuhan disepanjang tahun 2010 telah dinyatakan baik secara langsung maupun tidak langsung. Mari sungguh-sungguh bersyukur kepada-Nya, sambil menghitung perbuatan Tuhan dalam kehidupan pribadi, keluarga maupun jemaat. Ingatlah dalam doa bagaimana Tuhan setia memberkati setiap pelayanan.

Tema tahun 2011 adalah ‘Bangkitlah, Jadilah Terang’, dalam terjemahan lama (bhs Indonesia) ‘bangunlah engkau, nyatakanlah cahayamu’ (Yesaya 60:1). Nabi Yesaya bernubuat tentang masa depan bangsa Israel sebagai tawanan selama 70 tahun dan kemudian mengalami pemulihan dari Tuhan. Maksud kata bangkitlah berarti berubah dari keadaan tawanan sebab Tuhan akan menyelesaikan masa tawanan itu. Kehidupan dalam tawanan tidak memiliki memiliki pengharapan dan tidak bisa berdikari. Para tawanan berpikiran sempit dan menjadi manusia lemah. Sehingga Tuhan berfirman ‘bangkitlah’ dari kebiasaan, cara hidup dan cara pikir ketika sebagai tawanan.

Berubahlah sebab terang Tuhan sudah datang. Terang dunia yaitu mesias telah datang dan mengalahkan kuasa dosa (Yohanes 1:4-5). Manusia yang menjadi tawanan dosa telah dilepaskan dari kuasa dosa oleh kedatangan Terang Dunia (Roma 6:6-8). Dengarkan suara Yesus berkata ‘bangunlah’ kepada mereka yang lemah, putus asa dan tidak ada pengharapan. Jika ada bagian kehidupan yang masih dikuasai dosa, maka bangkitlah, keluar dari kebiasaan itu. Dalam hidup orang percaya, mungkin ada kelemahan dan keletihan karena berbagai usaha yang dilakukan tidak berhasil atau pertolongan yang diberikan tidak dihargai. Akan tetapi, dengarkan suara Tuhan berkata ‘bangunlah, berubahlah’ dari keadaan itu.

Menjadi Terang dan nyatakan cahaya. Terang adalah simbol dari Allah sendiri (Keluaran 10:21-23; Yohanes 8:12) dan orang yang percaya Yesus juga disebut ‘Terang Dunia’. Menjadi Terang berarti :
1.    Yesaya 51:4. Perhatikan suara Tuhan, pasanglah telinga, sebab pengajaran Tuhan disebut Terang. Perlu ‘telinga khusus’ untuk mendengar dan memperhatikan, supaya ajaran-Nya masuk dalam hati dan berbuah. Mendengar – memperhatikan dan melaksanakan firman Tuhan berarti menjadi terang.
2.    Matius 5:14-16. Terangmu bercahaya adalah perbuatan yang baik yang dilihat orang. Mengasihi sesama seperti diri sendiri atau membantu secara pribadi maupun jemaat (diakonia) berarti menjadi terang.
3.    1 Petrus 2:9. Memberitakan Injil, nyatakanlah Injil sebab Injil bercahaya. Beritakan perbuatan besar dari Tuhan sebab orang percaya telah dipanggil untuk menjadi terang dunia. Dorongan dan motivasi utama adalah menyala karena kegelapan telah menyelimuti dunia. Ada banyak orang disekitar kita yang belum mengenal Tuhan, karena itu terangilah mereka yang tinggal dalam kegelapan.

Tuhanlah yang menjadi terang kita (Yesaya 60:19-20), maka bangkitlah, nyatakan cahaya, Amin.

Selamat Tahun Baru 2011.

(FW/31/12)