Ringkasan Khotbah

Kita percaya kepada Tuhan Yesus didalam persekutuan Bapa, Anak, Roh Kudus. Orang percaya bisa hidup dalam kebenaran dengan pertolongan Roh Kudus. Dalam 1 Yohanes 2:28, istilah tinggal didalam Kristus mengartikan diam dan hidup bersama-sama Kristus. Yohanes 15:7, tinggallah didalam Yesus karena diluar Dia kita tidak dapat berbuat apa-apa. Kolose 3:17, segala sesuatu lakukanlah bersama dengan Kristus, bukan saja pada waktu Ibadah tetapi melalui hati, pikiran, perbuatan, perkataan bahkan ketika kita sedang terjepit mengalami kepedihan hati atau diwaktu senang hidup dalam kelimpahan tetaplah kita tinggal bersama kristus. Bersyukur menghormati dan memuliakan Allah. Apakah kita mampu melakukannya dalam dunia yang penuh godaan ini, apakah kita bisa tinggal tetap terus menerus dengan Kristus ? Yohanes mengajak dalam 1 Yohanes 2:28, “Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah didalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan dirinya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatanganNya.” Lihatlah, ingatlah kedatangan Kristus, kita diberi kekuatan keberanian dan keyakinan untuk tinggal didalam Kristus.

Matius 24:30-31, Yesus menjanjikan kedatanganNya. Orang-orang yang tidak mengenal Dia meratap sedangkan orang percaya diangkat oleh malaikat-malaikat. Kita dilahirkan oleh Allah dengan kasih yang besar pasal 3:1,2 kita dilahirkan Bapa maka disebut anak-anak Allah. Oleh karena kasih Allah kita dilahirkan kembali, ini fakta. Dalam hal ini Yohanes tidak menyinggung lahir baru melainkan orang yang sudah percaya Yesus sebagai Juruselamat sudah dilahirkan Allah dan disebut anak-anak Allah. Hal ini sulit dimengerti oleh orang-orang dunia karena mereka tidak tahu, tanpa pengurapan Roh Kudus, tidak bisa mengenal Bapa. Ay 3, hidup sesuai kehendak Allah tetap hidup suci sesuai dengan Firman Tuhan.

Perbedaan tafsiran, bandingkan ay 4, ay 6, ay 9. Orang Kristen yang setia sangat sulit untuk melakukannya, perikop ini sangat membingungkan, apakah orang Kristen tidak berbuat dosa? Roma 3:10-12, “Tak ada seorang yang benar, tak ada seorangpun yang mencari Allah, tidak ada yang berbuat baik.” Ay 6, setiap orang yang tinggal dalam Kristus tidak berbuat dosa, ay 9b, setiap orang yang lahir dari Allah tidak dapat berbuat dosa sebab benih ilahi tetap ada dalam dia. Benih ilahi yaitu Firman Allah, Roh Kudus, kodrat ilahi/sifat Allah (2 Petrus 1:4). Betapa sering manusia terlena dengan keindahan dunia mengejar kemewahan duniawi, tertipu sehingga tidak pernah bisa mensyukuri kebaikan-kebaikan Tuhan yang sederhana. Tuhan Yesus sudah mengajarkan tentang keindahan hidup dalam kesederhanaan dan dalam ucapan syukur supaya kita dapat menikmati kehidupan saat ini terutama dalam mencapai tujuan hidup kekal. Kita harus mengambil bagian dalam kodrat ilahi yang telah disediakanNya dan tidak binasa karena hawa nafsu duniawi. Bersama-sama kita mengambil bagian hidup dalam kodrat Allah beroleh anugrahNya dengan mengenal hatiNya dan menikmati sukacita damai sejahtera dalam keadaan apapun.