Pengkhotbah

Perikop
1 Yohanes 4:1-13

Ringkasan Khotbah

Dari surat Yohanes ini pasal 1 kita sudah belajar mengenai anugerah persekutuan, yaitu kita bersekutu dengan Allah Tritunggal. Pasal 2 mengenai anugerah hidup seperti Kristus dengan pengurapan Roh Kudus. Pasal 3 anugerah menjadi anak-anak Allah. 1 Yoh 3:24 adalah kesimpulan bahwa Roh Allah yang dikaruniakan kepada kita meyakinkan kita sebagai anak-anak Allah. 1 Yoh 2:27 juga disebut mengenai urapan Roh Kudus. Pasal 4 juga bicara mengenai anugerah Roh Kudus, tapi ada suatu ujian yang perlu kita lakukan untuk menguji setiap roh. Bukan menguji langsung rohnya tapi menguji orang yang mengaku mempunyai Roh Allah. Ujilah orang yang suka bernubuat apakah benar-benar dari Roh Allah atau bukan. Seolah dari Allah tapi bukan dari Allah, orang-orang seperti itu disebut nabi palsu, dan di belakangnya ada antikristus, ada roh jahat atau setan. Setan juga dulu malaikat, karena itu punya kuasa untuk mempengaruhi juga. Karena itu kita harus menguji. Dalam alkitab banyak peringatan akan nabi palsu, Tuhan Yesus menyuruh kita menilai dari buahnya (perbuatan, kelakuan, keluarga), dalam PL contohnya Yer 23:11 ada 4 tanda nabi palsu, yaitu suka berbicara mengenai pengharapan yang sia-sia, suka mengatakan Tuhan berbicara, memberi penglihatan, suka berkompromi dengan yang jahat, dan tidak menyinggung tentang penghakiman Allah. 1 Yoh 3:10 menyinggung tentang tanda anak-anak Allah dan anak-anak iblis, yaitu melalui perbuatannya dan khususnya tentang kasih.

Kunci mengenal roh-roh jahat: ❶Tidak mengaku Yesus Kristus adalah Allah (ay. 3). Dua bidat yang utama waktu itu adalah Gnosis (tidak mementingkan Firman dan Kristus, mementingkan pengetahuan roh yang khusus) dan Docetism (Yesus dari Nazaret adalah manusia, waktu dibaptis Roh Allah turun dan keilahiannya baru ada, waktu disalibkan sudah ditinggalkan Roh Allah). ❷Berasal dari dunia dan suka membicarakan hal-hal duniawi (ay. 5). Di sini duniawi berarti sifat berdosa. 1 Yoh 2:15-16 dikatakan jangan mengasihi dunia, yang di dalam dunia adalah keinginan daging, keinginan mata, dan keangkuhan hidup. ❸Mereka tidak mendengarkan kata-kata rasul (ay. 6). Mereka tidak suka mendengar kata-kata dari orang Kristen yang benar. Sejak 2000 tahun yang lalu pun sudah banyak penyesatan, nabi-nabi palsu. Jaman sekarang pun banyak aliran-aliran sesat. Pdt Moon. dari Korea (mengasumsi diri adik Kristus), Christian Science (tidak mengakui Kristus adalah Allah), saksi Yehova, Mormon.

Kita perlu hati-hati untuk menguji roh, tapi kita harus ingat juga untuk mengasihi (ay. 7). Allah adalah kasih. Tanda-tanda dari roh jahat jelas, tapi tanda-tanda dari Roh Allah adalah buah roh yaitu kasih. Betapa pentingnya saling mengasihi. Dalam surat Yohanes ini adalah ketiga kalinya diperintahkan untuk saling mengasihi (1 Yoh 2:7 kita harus saling mengasihi karena sudah ada di dalam terang, 1 Yoh 3:11 kita harus saling mengasihi karena sudah dikeluarkan dari maut dan hidup bersama-sama dengan Allah).

3 alasan di pasal 4 ini untuk saling mengasihi: ❶Karena Allah adalah kasih (ay. 8). Segala perbuatan Allah didasarkan pada kasih. Allah mengasihi kita bukan karena kita layak tapi karena Allah rela mengasihi. Allah mengasihi kita sehingga menganugerahkan Yesus kepada kita (Yoh 3:16). Mungkin kita bisa berpikir kalau Allah kasih mengapa membiarkan dunia penuh kesusahan dan bencana. Allah menurunkan air bah untuk memusnahkan manusia, tapi karena kasih-Nya Allah memilih Nuh dan keluarganya untuk diselamatkan. Ayub mengalami penderitaan yang begitu besar, bukan karena Allah tidak mengasihi dia, tapi justru karena Allah mengasihi Ayub, bahkan Ayub adalah kebanggaan Allah. Jangan kita terseret teologi kemakmuran, melalui penderitaanlah justru Ayub makin mengenal Tuhan, dan akhirnya nama Tuhan dimuliakan. Ayub menderita karena Allah percaya Ayub tidak akan menyangkal Tuhan dan tetap beriman. ❷Karena Allah menyatakan kasihNya dengan mengutus Anak-Nya yang tunggal supaya kita yang mati rohani bisa hidup (ay. 9-10). Orang yang sudah memperoleh anugerah ini, sewajarnya mengasihi Allah dan mengasihi sesama. ❸Agar kasih Allah menjadi sempurna di dalam kita (ay. 12). Ini bukan berarti pengorbanan Kristus tidak cukup untuk menebus kita, dosa kita sudah diampuni secara tuntas, tapi kasih Allah yang dinyatakan melalui diri kita perlu bertumbuh menuju kesempurnaan.

Yesus berkata apa artinya mengasihi orang yang mengasihi kita, kasihilah musuhmu. Bagaimana kita bisa mengasihi musuh, adalah dengan pertolongan Roh Kudus (ay. 13). Ada 3 level perintah mengasihi di sini: ❶Marilah kita saling mengasihi (ajakan) di ayat 7. ❷Haruslah kita saling mengasihi (keharusan) di ayat 11. ❸Kasih Allah menjadi sempurna di ayat 12

1 Yoh 3:16 kasih Kristus mengakibatkan Kristus menyerahkan nyawa-Nya untuk kita, jadi kita pun wajib mengasihi dengan menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita. Mengasihi sesama butuh pengorbanan. Roh Kuduslah yang bisa memampukan kita untuk saling mengasihi.