Kumpulan Khotbah

9 Februari 2014

Kerajaan Allah yang Ada Dalam Orang Percaya

(Zefanya 3:9-20)

Tema GIII tahun ini adalah: Nyatakanlah Kerajaan Allah. Kerajaan Allah artinya kekuatan, kekuasaan, kedaulatan Allah. Perikop hari ini menyatakan bahwa kerajaan Allah sudah dinyatakan juga di Perjanjian Lama.

2 Februari 2014

Menghormati Tuhan Dalam Segala Hal

(Maleakhi 3:6-12)

Kita perlu menghormati Tuhan bukan hanya dalam satu hal namun dalam segala hal. Dari kitab 2 Yohanes dan 3 Yohanes kita belajar bahwa kebenaran menjadi dasar dan buah dari Kekristenan kita, maka ingin kita terus meningkatkan bagaimana proses penerapan kebenaran itu dalam setiap aspek kehidupan kita.

26 Januari 2014

Hatiku Penuh Belas Kasihan

(Matius 15:32-39)

Sebelum dipanggil menjadi seorang misionaris, saya sangat tidak menyukai hal-hal yang berhubungan dengan Islam maupun dunia Arab. Namun, justru Tuhan mengutus saya melayani orang-orang Islam di Timur Tengah (Yaman dan Yordania).

19 Januari 2014

Buah Dari Kebenaran

(3 Yohanes 1:1-12)

Kebenaran membuahkan pola hidup “buah rohani”. Kebenaran Alkitab sangat mempengaruhi hidup seseorang. Untuk meresponinya kita memerlukan bimbingan Roh Kudus agar supaya hidup kita diarahkan sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan.

12 Januari 2014

Tetap Di Dalam Kebenaran

(2 Yohanes 1:1-11)

Yohanes dianggap sebagai penatua karena dikenal sebagai seorang rasul dan berumur lanjut. Kitab 2 Yohanes ini ditulis tahun 85-95 M. Ditulis dari penatua kepada ibu yang terpilih. Ada 2 penafsiran tentang ibu yang terpilih ini.

5 Januari 2014

Nyatakanlah Kerajaan Allah

(Matius 4:17; 12:28)

Tema GIII tahun ini adalah “Nyatakanlah Kerajaan Allah”. Tema ini merupakan pokok inti dari seluruh Alkitab. Itulah sebabnya penting bagi kita untuk mempelajari dan menikmatinya. Istilah Kerajaan Allah dalam Bahasa Jepang adalah Kami-no-Kuni (神の国) yang dikaitkan dengan Sorga.

29 Desember 2013

Tuhankulah Gembalaku

(Yesaya 30:18-26)

Tuhankulah Gembalaku adalah merupakan iman orang percaya. Bila Tuhan yang menjadi Gembala, kita tidak pernah berjalan sendiri, Ia senantiasa menyertai umat kepunyaanNya (Imanuel). Anugerah Tuhanlah yang selalu menopang pelayanan anak-anak Tuhan yang telah berkomitmen.

22 Desember 2013

Temukanlah Natal Anda

(Lukas 2:8-20)

Natal sebenarnya adalah hadiah terbesar dari Tuhan. Karena Dia memberikan anakNya yang tunggal. Pernahkan Anda memberikan yang terbaik kepada orang lain. Biasanya kita menyimpan yang paling baik, dan memberikan yang nomor kurang baik kepada orang lain. Tetapi Tuhan memberikan yang terbaik, yaitu AnakNya. Dalam Lukas 2:8-20 siapakah yang pertama-tama mendengar berita Natal ini? Mereka adalah para gembala. Dan di manakah Kristus yang mereka temukan? Yaitu di dalam palungan.

15 Desember 2013

Terang-Mu Menerangiku

(Yohanes 3:13-21)

Natal memiliki arti Terang yang sesungguhnya datang ke dunia (Yoh 1:9). Dalam perayaan natal, makin lama terang itu makin terkikis dan fokus nya makin bergeser kepada kesenangan manusia belaka. Seharusnya kita semakin mengarahkan diri kita kepada Terang itu dan merayakan sukacita kedatanganNya. Biarlah di natal tahun ini kita lebih merenungkan karya ajaib kedatangan Yesus itu, dan sejauh mana kita sudah mengasihi Yesus.

8 Desember 2013

Kasih Sebagai Dasar Ketaatan

(Kejadian 22:1-19)

Kita sering melakukan sesuatu taat tapi sambil menggerutu, atau taat karena takut pada pimpinan. Kita taat tapi tidak tahu dasarnya apa. Melalui Abraham kita belajar kasih sebagai dasar ketaatan.

Abraham tinggal di Haran sampai berumur 74 tahun dan kemudian Tuhan memanggilnya untuk meninggalkan Haran ke tempat yang tidak diketahuinya. Kemudian pada umur 100 tahun, Tuhan memberikan anak yang dijanjikan Tuhan yaitu Ishak. Pada perikop ini kemungkinan umur Ishak belasan tahun, Tuhan datang kepada Abraham dan meminta Abraham untuk menyerahkan anaknya yang dikasihi (ayat 2).

Page 1 of 22